Cara Root Android Samsung Galaxy Young

 

 

CaraRootSamsungGalaxySGT-I9000.jpg

Disini saya akan membuat Tutorial tentang Cara root Android Samsung Galaxy Young (GT-S5360) yang mungkin bisa anda dilakukan dihape Android lainnya. Meski basi dan sudah banyak blog yang membahasnya saya tetap akan membagikan cara ini karena menurut saya pengguna ponsel Android yang baru terus bertambah tiap harinya. Jadi memungkin user baru yg ingin hape Androidnya di root itu ada.

Apa itu root ?? Dan Mengapa harus di root?
Secara garis besar me-root Android adalah memberikan hak kontrol secara penuh pengguna terhadap sistem smartphone Android. Dengan melakukan root, anda sudah membuka pintu akses secara penuh dan dapat mengotak-atik ponsel Android.

Untuk keharusan melakukan root itu relatif, tergantung dari kebutuhan si pengguna, jika anda sudah berpuas diri dengan apa yang ada dalam ponsel Android, maka tidak ada keharusan untuk di root. Tapi bagi user yang hobi memodifikasi tampilan Android dan ingin mengeksplorasi lebih jauh smartphone Android maka sudah barang tentu root adalah jalan satu-satunya.

Keuntungan dan kekurangan yang didapat jika sudah ter-root.

Keuntungan yg diperoleh jika sudah root :
1. Mendapat hak kontrol penuh sistem sebagai pengguna terhadap ponsel Android.
2.Menjalankan aplikasi yang khusus ponsel ter-root.
3. Membackup semua aplikasi “.apk” kamu ke dalam SDcard.
4. Memindah aplikasi yang terinstal dari memory phone ke SDcard (memory eksternal).
5. Merelokasi cache mulai dari maps, web browse, play store, ke SDcard.
6. Dapat menginstal custom ROM.

Kekurangan yang didapat jika sudah root:
1. Dapat mengakibatkan kehilangan garansi handphone. Jadi misalnya HP anda rusak speakernya tidak berbunyi dan membawanya ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

Setelah membaca keterangan diatas dan mempertimbangkan manfaat serta kekurangan, saatnya kita mempraktekkannya. Oke, disini handphone yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy Young GT-S5360. Berikut langkah-langkah yang ditempuh :

1. Relaks aja gan, nggak usah tegang mrgreen siapkan cemilan dan minuman.

2. Download file yang dibutuhkan ini update.zip

3. Setelah itu pindahkan file “update.zip” ke SDcard (jadi bukan didalam folder lagi).

4. Jika sudah matikan ponsel anda.

5. Pastikan ponsel anda sudah benar2 mati, kemudian tekan tombol VOLUME UP + POWER + HOME secara bersamaan dan tahan lama.
1.jpg

6. Maka muncullah Halaman Recovery Mode, pilih ‘apply update from sdcard’. Jika tidak muncul layar seperti ini ulangi lg mulai No 4.
2.jpg
Perlu diingat untuk navigasi ke atas dan bawah, gunakan tombol volume up dan volume down. Untuk memilih pencet tombol Home.

7. Kemudian pilihlah file “update.zip” yang didownload tadi.
3.jpg

9. Tunggu sampai prosesnya selesai, Jika sudah selesai silahkan Restart Galaxy Young anda dengan cara memilih menu “reboot system now”.
4.jpg

10. Selanjutnya tinggal tunggu ponsel anda hidup kembali dan jika proses root berhasil maka muncul aplikasi baru namanya Super User pada menu Galaxy Young anda.

Cara ini sudah saya praktekkan pada Handphone Samsung Galaxy Young GT S5360 . Intinya jangan pernah takut mencobanya. Semoga berhasil …!!!!!

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s