cara-upgrade-gingerbread-ke-ice-cream -Sandwich

Sepertinya sudah sangat lama sekali saya tidak bercerita di dalam blog ini. Entah serasa banyak waktu yang tersita baik atas perkerjaan di kantor maupun kegiatan dirumah. Ya, sebisa mungkinlah untuk meluangkan waktu sejenak di blog ini. Kali ini saya mau sedikit bercerita atau berbagi pengalaman saat melakukan upgrade gingerbread ke ice cream sandwich (ICS) untuk galaxy note saya.

Bagi penggemar sistem operasi Android untuk mobile devicenya tentu upgrade ke ICS ini sangat dinanti-nanti kehadirannya, termasuk saya yang saat awal kemunculannya untuk stock rom europe langsung saya jajal di SGN (Samsung Galaxy Note). Namun saat ini stock rom (red : sebutan untuk sistem operasi resmi dari samsung) untuk regional Indonesia sudah rilis. Jadi kita dapat menggunakan Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0.3 khusus untuk regional Indonesia.

Sebelum memulai upgrade gingerbread ke ice cream sandwich, karena baik samsung galaxy note maupun galaxy SII datang pertama kali dengan Android gingerbread. Oh, iya cara yang saya lakukan ini adalah cara manual, dimana upgrade kita lakukan sendiri terhadap mobile device kita tanpa KIES.

Berikut ini adalah perisapan yang harus kita miliki sebelum proses upgrade.

  1. USB Kabel bawaan Samsung, jika menggunakan kabel custom disarankan kabel tidak longgar saat terpasang di ponsel maupun di komputer.
  2. Ponsel mimiliki daya baterai minimal 50%
  3. Software PC Odin versi 1.85. Download
  4. ROM, disini saya contohkan menggunakan Stock ROM ICS 4.0.3 Indonesia, rilis bulan Mey 2012. Download
  5. Cemilan dan segelas kopi biar lebih semangat…

Cukup itu saja bahan-bahan yang kita perlukan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Ekstak file ROM yang sudah kita download dan biasanya dalam bentuk zip, yang nantinya akan didapat file berekstensi *.md5
  2. Pastikan saat ini SGN tidak terhubung dengan komputer
  3. Restart SGN agar masuk ke dalam download mode, caranya tekan secara bersamaan tombol (Volume Down + Home + Power) sampai masuk ke halaman download mode.

  4. Jalankan PC Odin 1.85
  5. Klik tombol PDA dan pilih file rom *.md5 hasil ekstak pada langkah 1
  6. pada groupbox option kita biarkan default saja (untuk memastikan “repairtition” tidak tercentang)

  7. jalankan odin dengan meng-klik tombol START
  8. tunggu hingga semua proses selesai, SGN akan restart sendiri
  9. selesai

*Catatan : Apa yang saya tuliskan disini adalah pengalaman pribadi saya sendiri, semua resiko saat anda melakukan ini adalah resiko Anda sendiri. Jadi cari info sebanyak-banyaknya sebelum anda memulai.

Sebenarnya cukup mudah step by step upgrade gingerbread ke ice cream sandwich (ICS), yang penting lakukan dengan hati-hati pastikan ROM yang kita download tidak corrupt, lakukan pemeriksaan nilai MD5-nya.

Cara ini adalah cara yang biasa dikalukan untuk melakukan flasih rom dengan PC Odin, jadi selain dapat digunakan untuk Stock ROM, Anda juga dapat menggunakan cara yang sama untuk Custom ROM maupun flash Custom Kernel.

Baca Selengkapnya : http://www.adityaperdana.web.id/cara-upgrade-gingerbread-ke-ice-cream-sandwich-ics.html#ixzz279ogfixj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s